Sebagian besar masyarakat masih beranggapan bahwa marketing dan sales memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang sama. Namun kenyataannya, kedua jenis pekerjaan tersebut memiliki fokus yang berbeda.
Marketing/ Pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk meciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi.
Sedangkan Sales/Penjualan adalah kegiatan yang hanya fokus pada menjual produk, dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk saja.
Dalam strategi Marketing, terdapat 4p yang telah dilengkapi menjadi 7p yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), process (proses), people (orang), Physical evidence (bukti fisik). Marketing tentunya memiiki fokus yang lebih luas dibandingkan sales yang hanya memfokuskan pada penjualan produk.
Dari pernyataan di atas, dapat kita pahami bahwa marketing fokus pada perencanaan strategi pemasaran produk yang sesuai dengan 4p atau 7p bagian dari marketing mix dan sales akan mulai bekerja saat produk siap untuk dipasarkan. Dapat disimpulkan bahwa marketing adalah seorang penyusun strategi pemasaran dan sales adalah tim pelaksananya.
Perbedaan lainnya adalah hubungan antara marketing dan sales dengan konsumennya. Sales hanya akan berhubungan dengan konsumen dalam proses jual-beli, setelah itu sales tidak punya tanggung jawab untuk memfollow up konsumen. Berbeda dengan marketing yang bertanggung jawab untuk menjalin hubungan yang baik dengan konsumen mulai dari penawaran, kontrak, transaksi, bahkan setelah transaksi. Semua ini dilakukan untuk menjaga loyalitas konsumen dan citra perusahaan.
Bagaimana guys, sudah jelas kan perbedaan MARKETING dan SALES?
Semoga bermanfaat :))
Leave a Reply