Model Perilaku Konsumen terdiri dari: Rangsangan/Stimulus : Rangsangan dibagi menjadi rangsangan pemasaran dan rangsangan lainnya. Rangsangan pemasaran barang berwujud adalah 4P (Product, Price, Place, dan Promotion) sedangkan rangsangan pemasaran barang tak berwujud adalah 8P( Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence, dan Product Quality). Rangsangan lainnya adalah budaya, ekonomi, politik, teknologi, demografi, dan sumber daya alam. Psikologi Konsumen: Motivasi adalah faktor-faktor yang memaksa konsumen untuk melakukan suatu tindakan tertentu Persepsi adalah proses dimana konsumen menerima, memilih, mengatur, dan interpretasi informasi. Pembelajaran adalah proses pembelajaran setelah konsumen menggunakan barang/jasa yang berkaitan dengan maa depan Memori adalah ingatan konsumen terhadap produk/jasa Karakteristik Konsumen:
- Budaya : dibagi menjadi daerah geografi, agama, suku, dan kebangsaan
- Sosial : dibagi menjadi grup referensi(teman), peran sosial (RT,RW, Ketua Kelas,dll), Status sosial (menengah, menengah ke atas,dll), dan keluarga.
- Pribadi : dibagi menjadi umur, kekayaan, kepribadian, gaya hidup, nilai, konsep pribadi, siklus hidup, pendudukan.
Proses Keputusan Pembelian:
- Pengenalan Produk
- Pencarian informasi
- Evaluasi Alternatif
- Keputusan Pembelian
- Perilaku Pascapembelian
Keputusan Pembelian:
- Pilihan produk
- Pilihan merk
- Pilihan penyalur
- Waktu pembelian
- Jjumlah pembelian
- Metode Pembayaran
Leave a Reply